Sabtu, 24 Desember 2011

Syarat Tumbuh Tanaman Anggur


Iklim
1) Tanaman anggur dapat tumbuh baik di daerah dataran rendah, terutama di tepi- tepi pantai, dengan musim kemarau panjang berkisar 4-7 bulan.
2) Angin yang terlalu kencang kurang baik bagi anggur.
3) Curah hujan rata-rata 800 mm per tahun. Dan keadaan hujan yang terus menerus dapat  merusak  premordia/  bakal  perbungaan  yaitu  tengah  berlangsung  serta dapat menimbulkan serangan hama dan penyakit.
4) Sebaiknya    sinar    matahari    yang    banyak/udara    kering    sangat    baik    bagi pertumbuhan vegetatif dan pembuahannya.
5) Suhu rata-rata maksimal siang hari 31 derajat C dan suhu rata-rata minimal malam hari 23 derajat C dengan kelembaban udara 75-80 %.

 Media Tanam
1) Tanah  yang  baik  untuk  tanaman  anggur  adalah  mengandung  pasir,  lempung berpasir, subur dan gembur, banyak mengandung humus dan hara yang dibutuhkan.
2) Derajat keasaman tanah yang cocok untuk budidaya anggur adalah 7 (netral).

 Ketinggian Tempat
Anggur akan tumbuh baik bila ditanam antara 5-1000 m dpl atau di daerah dataran rendah.                   Perbedaan     ketinggian     akan      mempengaruhi    pertumbuhan     dan perkembangannya. Jenis Vitis vinifera menghendaki ketinggian  1-300 m  dpl. Jenis Vitis labrusca menghendaki ketinggian 1-800 m dpl.

1 komentar:

Wah pengen coba tanam anggur di pesisir kampungku ...

ditanam dgn media tanam arang sekam mungkin akan jadi baik ya

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More